Your IP and Google Map location

Minggu, 10 April 2011

Kamboja Pasrah Indonesia

Jakarta,Tribun - Menteri Luar Negeri Kamboja, Hor Namhong mengatakan, pihaknya tetap mempercayai Indonesia sebagai ketua ASEAN untuk mengatasi sengketa Thailand dan Kamboja.
     "Kami sudah lama melakukan proses negosiasi dengan Thailand namun kami belum mencapai kesepakatan apapun sehingga kami memerlukan pihak luar sebagai mediator dan yang terbaik adalah Indonesia sebagai ketua ASEAN, kami selalu percaya Indonesia." kata Menlu Kamboja Hor Namhong dalam konperensi pers di Jakarta, Sabtu (9/4).
     Pada 7-8 april di Bogor, dilangsungkan Joint Commision on Demarcation for Land Boundary (JBC) antara Kamboja dengan Thailand namun belum menghasilkan kesepakatan.
     Menurut Menlu Namhong, Indonesia sebagai ketua ASEAN sudah mendapat mandat dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dari ASEAN sendiri untuk mengatasi masalah tersebut dan Kamboja serta Thailand juga sudah menyepakati hal itu . " Namun kami tidak mengerti mengapa Thailand menolak peranan Indonesia sekarang," tegasnya.
     Ia menjelaskan bahwa Kamboja kecewa dengan tindakan Thailand yang dianggapnya menolak keikutsertaan Indonesia dalam menjadi fasilitator masalah perbatasan itu.
     "Bila Thailand benar-benar ingin melangsungkan gencatan senjata di perbatasan, mengapa mereka ragu untuk menerima pemantau dari Indonesia di perbatasan?" ujarnya.(ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar